Apa itu Peer-To-Peer Lending?
Peer-To-Peer Lending adalah sistem yang mempertemukan Mitra Peternak dengan Pendana (Pemberi Pinjaman) melalui sebuah teknologi finansial. Teknologi ini menciptakan kemudahan untuk Mitra Peternak dan pemberi pinjaman sehingga biaya yang diperlukan menjadi lebih efisien dan lebih efektif bagi Mitra Peternak dan pemberi pinjaman.
iTernak adalah sebuah platform yang membantu peternak sapi rakyat yang memiliki kandang ternakatau lahan yang belum optimal diberdayakan dengan para pihak Pemberi Pinjaman (Lender) peternakan untuk menghasilkan produk peternakan berkualitas tinggi. iTernak bukanlah semata produk dengan visi komersial saja, tapi juga punya misi besar untuk pemberdayaan peternak rakyat yang susah akses ke permodalan. Menciptakan ketahanan pangan yang dapat diakses secara adil dan merata bagi rakyat Indonesia.
iTernak adalah sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (OJK RI) dengan nomor surat: No. S-257/NB.213/2018.
  1. iTernak mengidentifikasi ternak-ternak yang punya kebutuhan tinggi di pasar, stabilitas harga dan karakteristik yang baik, kami menghubungkan peternak dan kandang-kandang ternak yang bisa dipergunakan, kemudian membuka peluang pembiayaan peternakan kepada kaum urban.
  2. Memberikan pengalaman baru bagi para pihak Pemberi Pinjaman (Lender) sehingga tidak hanya bisa melihat pembiayaan mereka, tapi juga bisa merasakan senangnya beternak dan melihat perkembangan ternak yang diberikan pinjaman melalui platform iTernak.
Apa kegiatan usaha iTernak?
iTernak menciptakan peluang kerjasama di antara Peternak Rakyat / Koperasi sebagai Perawat Ternak dengan Masyarakat Urban sebagai Pemodal yang ingin beternak tanpa harus memiliki ketrampilan dan waktu untuk merawat hewan ternak.
  1. Peluang beternak untuk semua lapisan
  2. Memberikan pinjaman pada produk iTernak
  3. Risiko pinjaman rendah – Asuransi Ternak
  4. Monitor pinjaman
  5. Menerima bagi keuntungan
  6. Membantu peternak kecil – Dampak Sosial.
  1. Pemberdayaan peternak kecil / rakyat
  2. Melaksanan pemeliharaan produk iTernak
  3. Melaporkan perkembangan unit ternak.
  1. Registrasi Kandang: Setiap Calon Mitra Peternak dipersyaratkan memiliki kandang milik sendiri yang sudah diregistrasi oleh Dinas Peternakan setempat dalam memenuhi Aspek Nilai Jaminan Pembiayaan - Risiko Kepemilikan Aset.
  2. Sertifikasi Peternak: Peternak dipersyaratkan memiliki Sertifikat Keahlian Beternak yang diterbitkan Dinas Peternakan setempat dalam memenuhi Aspek Kapasitas Pembayaran / Kemampuan pengembalian pinjaman - Risiko Operasional.
  3. Kontrak Perjanjian Pengguna: Dipersiapkan Perjanjian Para Pengguna, Perjanjian Penyelenggara dengan Pemberi Pinjaman dan Perjanjian Mitra Peternak dengan Pemberi Pinjaman.
Apakah pinjaman-pinjaman yang ditawarkan melalui iTernak dijamin atau diasuransikan?
  1. Kami memberikan asuransi berupa Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) dengan JASINDO: Setiap Ekor Ternak Sapi diasuransikan dengan Polis atas nama Pemberi Pinjaman – Risiko Finansial
  2. Risiko yang ditanggung meliputi:
    • Kematian karena penyakit atau kecelakaan
    • Kehilangan karena kecurian
    • Kerugian atas ‘potong paksa’.
Kegiatan usaha yang dilakukan oleh iTernak telah terdaftar dan diawasi secara ketat oleh OJK. iTernak patuh terhadap Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.
Siapa saja yang dapat menjadi Pemberi Pinjaman?
Perorangan atau perusahaan yang mencari alternatif investasi yang aman dan lebih tinggi hasilnya dari pada deposito di Bank.
Pemberi Pinjaman mendapatkan kembali dananya berupa pokok dan bunga sesuai dengan jenis dari Peminjam yang didanai di menu penawaran.
iTernak memiliki pengalaman dalam menyeleksi Peminjam dan menggunakan sistem penilaian (Credit Scoring) untuk setiap calon Peminjamnnya, hanya Peminjam yang dapat melewati / lulus dari sistem penilaian yang akan ditampilkan / direkomendasikan untuk didanai.
Seluruh hasil yang diperoleh Pemberi Pinjaman dari Peminjam akan berada di rekening Escrow iTernak, dan hanya dapat dialihkan sesuai dengan instruksi dari Pemberi Pinjaman.
Setelah berhasil melakukan registrasi dan proses KYC (Know Your Customer), Anda dapat melakukan pendanaan dengan memilih paket panawaran beternak yang ada. Sesuaikan dengan besar pendanaan dan masa beternak yang sesuai dengan Anda. Selanjutnya Anda akan mendapatkan notifikasi email berisi nominal pendanaan dan Nomor Virtual Account tujuan transfer pendanaan Anda.Berikutnya Anda akan mendapatkan notifikasi email berisi detail informasi penyaluran pendanaan, masa beternak, dan laporan lainnya.
Biaya yang dikenakan oleh Pemberi Pinjaman untuk setiap transaksi pinjaman di iTernak adalah biaya administrasi dan biaya transfer antar Bank dari rekening Escrow iTernak, dimana biaya-biaya tersebut dikenakan pada saat pengembalian dana ke Pemberi Pinjaman.
Siapa saja yang bisa mendapatkan pinjaman?
Saat ini Peminjam adalah peternak sapi rakyat yang memiliki kandang untuk menghasilkan produk peternakan berkualitas tinggi
Jangka waktu pinjaman bervariasi tergantung jenis kebutuhannya, untuk pinjaman dengan siklus singkat, mulai dari 4 sampai 12 bulan.
Bunga pinjaman yang ditawarkan iTernak sangat bersaing tergantung perkembangan pasar.
Biaya yang dibebankan untuk pinjaman adalah biaya administrasi, asuransi dan biaya bunga.
Dokumen yang wajib Anda miliki untuk melakukan pengajuan pinjaman adalah e-KTP. Sedangkan untuk dokumen tambahannya adalah NPWP, Registrasi Dinas Peternakan (jika ada).
Biaya yang dikenakan untuk setiap transaksi pinjaman di iTernak adalah sebagai berikut:
  • - Biaya Provisi : 3%
  • - Biaya Administrasi : Rp 50.000,- per ekor sapi
  • - Bunga Pinjaman : 12% p.a (tentative mengikuti perkembangan pasar)
  • - Biaya Keterlambatan : 0.25 ‰ (0.25 per mil) per hari keterlambatan
Dimana biaya administrasi dikenakan pada saat pencairan sedangkan biaya bunga dikenakan pada saat pengembalian.